Isu Perkuliahan Tatap Muka Juli 2021, Apakah Efektif?

Written by Yevanus on February 17, 2021 in Bisnis Makanan dan Minuman with no comments.

Dia menyampakan, membaca kecenderungan masyarakat ke depan, rasanya tidak mudah mengajak mengubah sikap lebih dari 70 persen satuan pendidikan di setiap jenjang yang selama ini masih bertahan dengan PJJ. Online24, Makassar – Ikatan Dokter Indonesia Makassar berharap, rencana Pemerintah Kota Makassar untuk sekolah tatap muka yang rencananya dimulai Juli 2021 dipertimbangkan. “Murid, guru, dan semua orang yang terlibat dalam proses pendidikan di asrama tidak diperkenankan untuk masuk keluar asrama secara bebas,” ujarnya. “Melihat situasi dan penyebaran Covid-19 di Indonesia, saat ini sekolah tatap muka belum direkomendasikan,” ujar Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI Aman B Pulungan saat dihubungi Republika, Selasa (8/6).

Dalam kesempatan itu Nadim menjelaskan jika sistem pendidikan yang dijalankan tidak akan dilangsungkan secara keseluruhan, melainkan menggunakan sistem rotasi. Sekitar 50 persen siswa yang masuk dan sisanya tetap melakukan pembelajaran secara daring dari rumah. Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Sutato, meminta guru dan tenaga pendidik menerima vaksin. Sehingga dr. Adam menarik kesimpulan, jika sekolah Togel Online Terpercaya tatap muka kembali dibuka, maka risiko anak sekolah terinfeksi menjadi meningkat dan risiko keluarga terinfeksi pun ikut meningkat. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim juga telah mewajibkan satuan pendidikan untuk menyediakan layanan tatap muka terbatas. Sebelumnya, dilansir dari Kompas TV Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim meminta agar kegiatan belajar mengajar tatap muka kembali dibuka Juli 2021.

Dalam sistem belajar daring, interaksi siswa ke guru masih mungkin terjadi, tetapi tidak sebebas saat kegiatan belajar di kelas. Dengan cara ini, interaksi yang terjadi kebanyakan bersifat satu arah, dari guru ke murid. Pada periode tersebut, dua zona risiko diperbolehkan untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka dengan pemenuhan syarat, yakni zona hijau dan kuning. Selama pandemi, pemerintah menerapkan berbagai kebijakan dengan dua prinsip pokok. Pertama, memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dalam penyelengaraan pendidikan. Kedua, mempertimbangkan tumbuh kembang anak dan hak anak selama pandemi Covid-19.

Ia mengungkapkan, walau para guru sudah dilakukan vaksinasi bukan berarti lingkungan sekolah aman dari tingkat penularan. Menurutnya pembukaan sekolah baru bisa dilakukan jika angka temuan kasus mengalami penurunan yang signifikan. “Kita benar-benar memberikan keleluasaan pada satuan pendidikan kita untuk mengambil langkah yang cepat dan tepat dengan kondisi yang sangat berbeda. Ini kebijakan yang mengubah kemampuan dan kegesitan setiap unit pendidikan,” terang Nadiem.

Pemerintah Indonesia mulai mengutip pajak jasa pendidikan, jasa medis, dan bahan pangan yang dikenai pajak pertambahan nilai atau PPN. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan jumlah kasus virus corona di Pulau Jawa melonjak dalam 10 hari terakhir. Ivermectin yang lazim digunakan untuk mengobati berbagai jenis infestasi parasit viral disebut sebagai obat virus corona pemicu Covid-19. Angka kematian resmi akibat virus corona di India semakin diragukan, seperti di Bihar yang temuan ribuan kasus Covid-19 tidak dilaporkan.

Pertama, karena adanya kesulitan saat melakukan Pembelajaran Jarak Jauh akibat koneksi internet, geografis, ekonomi, serta hambatan lainnya. Masalah koneksi web dan letak geografis menjadi masalah utama dalam pembelajaran online. Hal ini dapat diambil contoh, misalnya pada daerah pedesaan yang masih sangat minim sinyal sehingga membuat mereka kesulitan untuk melakukan pembelajaran. “Pemerintah daerah juga terus melakukan pemeriksaan dan pelacakan dengan benar. Kasus positif Covid-19 harus dilacak dengan baik,” tutup Ede. Positif Rate sendiri merupakan perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan.

“Orang tua/wali dapat memilih bagi anaknya untuk melakukan pembelajaran tatap muka secara terbatas atau tetap melaksanakan pembelajaran jarak jauh,” ujarnya. Budi mengatakan, jadwal masuk sekolah selama pembelajaran tatap muka terbatas diatur maksimal dua hari dalam seminggu. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim menambahkan, pemerintah berupaya secara cepat agar pembelajaran tatap muka di sekolah bisa dikembali dilaksanakan. Menurutnya, pembelajaran jarak jauh dalam jangka panjang bisa mempengaruhi perkembangan anak.

Di tengah kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia, Jokowi meminta pembelajaran tatap muka di sekolah harus dilakukan dengan ekstra hati-hati. Nadiem mengatakan vaksinasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan tersebut diberikan untuk seluruh jenjang, baik pendidikan negeri maupun swasta, baik formal maupun nonformal, termasuk pendidikan keagamaan. Mereka ketinggalan informasi dengan teman-teman yang punya fasilitas teknologi. Dengan pembelajaran tatap muka, guru dan siswa bisa berkomunikasi secara langsung dalam memecahkan masalah pembelajaran tanpa harus takut habis kuota. Sehingga, masalah pembelajaran terutama bidang-bidang studi praktik akan dapat diatasi,” ujar Dra.

Isu sekolah tatap muka Juli 2021

Dia mengatakan guru menjadi salah satu sasaran prioritas dalam program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah. “Kami upayakan pendidik dan tenaga kependidikan jadi prioritas penerima vaksinasi Covid-19,” ujarnya. Sementara Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti menyambut baik rencana pemerintah untuk membuka kembali proses belajar-mengajar secara tatap muka.

Comments are closed.