Makanan Pengganti Nasi Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Written by Yevanus on October 14, 2020 in Diet paling ampuh with no comments.

Selain mengenyangkan, jagung akan memberimu segudang manfaat baik untuk kesehatanmu. Jagung mengandung beragam nutrisi seperti protein, serat, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, dan mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Sekitar 3,2 juta petani Meksiko menanam jagung dan sebagian besar menggunakannya untuk konsumsi keluarga. Jenis jagung putih adalah yang paling banyak dikonsumsi manusia. Oats terbuat dari gandum utuh yang kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan. Oats yang mentah, mengandung 66% karbohidrat dan 11% di antaranya adalah serat.

Kentang dan ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang berasal dari umbi-umbian. Anda bisa mengolah kacang hijau menjadi bubur untuk mengganti nasi. Selain menjadi bubur, kacang hijau juga dapat dijadikan camilan sehat dengan mengolahnya menjadi es krim atau gulai kacang hijau. Shirataki merupakan makanan yang terbuat dari umbi dan sayuran yang tumbuh di tengah hutan. Shirataki telah dikonsumsi sejak 2.000 tahun yang lalu sebagai makanan food regimen. Shirataki tersedia dalam dua jenis, yaitu dalam bentuk mi dan nasi.

Yang penting saat makan makanan pokok tersebut kita tetap menambahnya dengan sayuran, lauk-pauk, dan buah-buahan sehingga asupan nutrisi seimbang senantiasa terjaga. Sorghum merupakan makanan pokok yang bentuk pohonnya seperti jagung tetapi memiliki bentuk biji yang lebih kecil. Di daerah Jawa Tengah, masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama cantel. Yuk, simak beberapa makanan pengganti nasi yang jauh lebih sehat untuk dikonsumsi sehar-hari. Mengkonsumsi singkong yang diolah dengan cara di rebus sangat direkomendasikan untuk yang sedang menjalani program food plan.

Jangan lupa konsultasikan dengan dokter Anda mengenai pola makan yang Anda lakukan. Keunggulan tiwul yang sudah menjadi bentuk beras menurut Ngadimun butiran tersebut bisa disimpan dalam wadah kedap udara dan bisa tahan berbulan bulan bahkan setahun. Ngadimun mengaku jika sedang tak memiliki beras ia mengaku bisa mengolah tiwul tersebut menjadi makanan pengganti nasi.

Kentang memang sudah sering dikonsumsi sebagai bahan makanan, namun belum sepenuhnya difungsikan sebagai pengganti nasi. Cara mengolah yang salah dapat membuat kandungan gizi kentang menjadi tidak optimum bahkan berbalik menjadi kolesterol jahat. Kandungan GI kentang juga cukup tinggi, sehingga perlu mengkonsumsinya dengan cara yang lebih sehat. Namun dibanding nasi, kentang lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Tiwul bisa jadi pengganti nasi karena kandungan karbohidrat tiwul tak kalah dari beras sehingga bisa menggantikan beras sepenuhnya.

Ubi dan singkong pengganti nasi

Selain beras tekad, pemerintah mulai menganjurkan konsumsi bahan-pahan pangan pokok selain beras. Program yang menonjol adalah anjuran untuk mengombinasikan beras dengan jagung sehingga pernah populer istilah “beras jagung”. Singkong diketahui sebagai makanan yang miskin protein, kualitas singkong juga lebih mudah rusak pasca-panen. Hal tersebut menyebabkan singkong tidak baik disimpan terlalu lama. Bit juga mengandung berbagai nutrisi, mulai dari vitamin, mineral, hingga inorganic nitrates, yang dapat meningkatkan kebugaran fisik. kentang, masak bersama kulitnya untuk meningkatkan serat dan asupan antioksidan.

Walaupun harus ada teknik khusus ketika memakannya, namun papeda layak masuk ke dalam daftar menu makan sehat saat diet anda. Sehingga nutrisi yang terkandung didalamnya tetap terjaga dan aman dikonsumsi. Kandungan flavonoid didalamnya sangat baik dikonsumsi karena dapat menjaga kesehatan ginjal dan jantung. Kadar Indeks Glikemik nya pun rendah walaupun rasanya manis, jadi tetap aman dikonsumsi bagi penderita Diabetes dan Obesitas. Seharusnya kebutuhan akan beras di Indonesia terjamin sehingga tidak akan mengalami krisis beras.

Mengonsumsi kacang merah sebagai pengganti nasi juga bisa membantu Anda mendapatkan berat badan yang best. Kacang merah mengandung serat yang melancarkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit, serta protein yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan tubuh. Rendam kacang merah terlebih dahulu dan mengganti air rendaman beberapa kali sebelum dimasak sampai empuk ya.

Comments are closed.