Jerawat Bermunculan Saat Datang Bulan? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Written by Yevanus on June 21, 2020 in Cara menghilangkan jerawat with no comments.

Jeruk Nipis, mengandung asam sitrat yang bisa bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan menyingkirkannya, dan memicu regenerasi sel kulit baru. Untuk mencegah timbulnya jerawat saat haid adalah mencuci muka secara teratur setiap hari. Selain itu, hal-hal lain yang dapat dilakukan adalah hindari make-up yang mengandung minyak, hapus riasan, dan bersihkan kulit Anda sebelum tidur.

Khususnya, pada pukul sixteen.00 menjadi waktu terbaik bagi kulit mendapat asupan nutrisi melalui penggunaan masker dan serum. Pada saat ini pula lebih baik bila Anda mandi dengan air hangat atau sauna untuk mendetoksifikasi kulit. Cosmo tahu jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal seperti Gigi Hadid. Namun, memaksakan diri untuk pergi ke gym tidak baik bagi kesehatan tubuh. Olahraga yang terlalu berlebihan dan intens dapat menganggu siklus bulanan Anda. Ini karena tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup untuk beregenerasi.

Sebagai perempuan yang memiliki kulit zits prone, punya jerawat sudah jadi makanan sehari-hari saya. Namun, ada satu tempat jerawat yang tak pernah absen yakni di bagian dagu. Dagu adalah tempat paling umum pada wajah untuk mendapatkan jerawat. Perempuan sering mengalami pelarian ini sebelum menstruasi, tetapi sering juga saat-saat setelah periode menstruasi. Perempuan yang memiliki ibu, tante, nenek, ataupun saudara perempuan yang pernah mengalami PCOS, berisiko lebih besar untuk menderita PCOS di masa depan. Caranya dengan rutin membersihkan wajah dan pakai skincare sesuai jenis kulit.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan olahan, seperti biskuit, kue, roti putih dan pasta, serta keripik kentang. Saat akan membeli produk kosmetik, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit wajahmu. Cari opsi bebas minyak yang berlabel “non-acnegenic” atau “non-comedogenic” untuk membantu mencegah jerawat dan komedo. Gunakan obat jerawat sebelum menggunakan make-up, kemudian bersihkan menjelang tidur.

Bila jerawat tak kunjung sembuh, periksakan ke dokter kulit untuk mengetahui penyebab dan penangannya yang tepat. Dikatakan dr. Nadia, kehamilan dapat diperiksa dengan menggunakan take a look at pack setelah terlambat haid. Meskipun terkadang masih belum bisa terdeteksi, dikarenakan kadar hormon kehamilan yang masih rendah. Untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak, disarankan agar memeriksakan ke dokter spesialis kandungan guna diagnosis yang tepat,” tulis dr. Nadia. Makanan juga dapat memicu jerawat hormonal, jadi Anda harus berhenti konsumsi junk food bila sedang berjerawat. Para ahli juga mengatakan bahwa makanan manis, karbohidrat dan produk susu pun bisa memicu jerawat hormonal.

Apakah menstruasi memicu jerawat

Selain itu, stres juga dapat menimbulkan berbagai kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan jerawat, seperti merokok, minum alkohol, dan makan berlebihan. Oleh sebab itu, mengelola stres dengan baik dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat. Kondisi tersebut juga merupakan penyebab jerawat saat menstruasi, dimana menyebabkan adanya produksi sebum yang meningkat. Adanya kadar sebum yang berlebih pada kulit dapat menyebabkan munculnya bakteri penyebab jerawat lebih banyak, karena minyak ini dapat menyediakan makanan bagi bakteri. Maka dari itu, munculnya jerawat saat menstruasi menjadi hal yang sulit untuk dihindari. Salah satunya misalnya, naiknya estrogen dan progesteron merangsang produksi sebum, substansi minyak bertekstur kental yang berfungsi sebagai pelumas kulit alami.

Perempuan masih bisa hamil bahkan jika mereka menggunakan alat kontrasepsi dengan benar. Jadi, kamu nggak perlu panik jika ternyata kamu mendapatkan menstruasi lebih dulu dibanding teman-temanmu atau merasa terlambat dibanding temanmu. Karena banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya menstruasi pertama ini.

Comments are closed.