Makanan Pengganti Nasi Sebagai Variasi Sumber Karbohidrat

Written by Yevanus on October 16, 2020 in Diet paling ampuh with no comments.

Mengonsumsi singkong juga dapat menurunkan kadar hormon tiroid. Pada orang dengan penyakit tiroid, terutama mereka yang membutuhkan untuk menggunakan terapi penggantian hormon tiroid, disarankan untuk tidak mengonsumsi singkong. Beragam potensi makanan lokal layak dicoba sebagai pengganti nasi karena tidak hanya, namun kandungan gizinya juga tidak kalah dari nasi. Jagung memiliki kandungan vitamin A, E da B yang rendah glikemik, sehingga tidak akan membuat Anda cepat lapar. Dalam 100 gram jagung terdapat 25 gram karbohidrat dan banyak vitamin C.

Pigmen warna jagung juga memiliki manfaat bagi kesehatan mata dan pelindung paru-paru. Bahan makanan ini tentu saja cukup populer dibanding beberapa tanaman di atas. Kentang memang sudah sering dikonsumsi sebagai bahan makanan namun belum sepenuhnya difungsikan sebagai pengganti nasi. Bahkan banyak yang mengkonsumsinya justru dengan cara yang kurang sehat, seperti digoreng. Proses penggorengan membuat kentang mengandung lemak, apalagi jika ditambah garam bisa memicu kegemukan dan hipertensi. Orang jaman dahulu kerap mengkonsumsi singkong sebagai pengganti nasi.

Selain berupa kue-kue tradisional, singkong juga dapat diolah menjadi bubur. Timus merupakan salah satu jajanan tradisional Indonesia yang keberadaannya mulai jarang terlihat. Berbahan dasar singkong parut serta kelapa parut membuat kuliner manis satu ini begitu enak saat disantap.

Ubi dan singkong pengganti nasi

Buah sukun merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh, bahkan buah ini dikatakan sebagai sumber energi di masa depan. Satu buah berukuran besar bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat satu keluarga yang terdiri dari 5 orang. Sukun yang sudah matang memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan kentang, sementara sukun muda bisa dimakan sebagai sayuran. Anda dapat mencoba berbagai pilihan makanan pengganti nasi di atas sebagai variasi, terutama yang paling mudah ditemukan di sekitar Anda.

Beras Sigerku dan Tiwulku memiliki kandungan karbohidrat yang setara beras padi. Beras Sigerku dan Tiwulku lebih kaya serat dibandingkan beras padi sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga pencernaan. Beras analog ini aman untuk dikonsusi karena diolah tanpa bahan pengawet, pewarna, dan penyedap. Selain memiliki rasa yang enak, singkong juga bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Ubi jalar banyak mengandung serat antara 0,90–1,20 persen atau sekita 3-4 gram/100 gram ubi.

Comments are closed.