Olahraga Lari Dan Jalan, Mana Lebih Sehat?

Written by Yevanus on October 2, 2020 in Diet paling ampuh with no comments.

Faktanya, Anda mungkin bisa membakar lebih banyak kalori dengan latihan berjalan yang rutin. Lebih dari itu, kolesterol baik yang bekerja sebagai spons penyerap kolesterol jahat akan meningkat dengan berjalan kaki tergopoh-gopoh. Tidak banyak cara di luar obat yang dapat meningkatkan kadar HDL selain dengan bergerak badan. Berjalan kaki tergopoh-gopoh tercatat mampu menurunkan risiko serangan jantung menjadi tinggal separuhnya. Rutin melakukan jalan cepat selama 30 menit setiap hari akan memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Di antaranya adalah lemak tubuh akan berkurang, kekuatan dan ketahanan otot akan meningkat, sistem jantung dan pembuluh darah semakin lancar, tulang pun akan semakin kuat.

Dalam dunia olahraga, treadmill digunakan untuk berlari atau berjalan di satu tempat, dengan conveyor belt yang digerakkan dengan mesin atau secara handbook. Treadmill modern digunakan dengan menggunakan listrik dengan berbagai variasi. Nantinya, bentuk aktifitas fisik yang dilakukan bisa ditingkatkan.

Jalan cepat memperkuat jantung

Penelitian dari Universitas of Exeter menemukan efek olahraga jalan kaki selama 15 menit setiap hari bisa mengurangi keinginan makan cokelat. tiga aturan di setiap aktivitas fisik, yaitu pemanasan, pelatihan, dan pendinginan. Fase pemanasan dan pendinginan yang baik dapat menjaga kesehatan jantung. Memang banyak sekali pakar kesehatan di berbagai negara yang menganjurkan untuk mengambil olah raga jalan kaki sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan yang mudah dan murah. Adapun durasi yang dianjurkan adalah sekitar 30 menit, dengan frekuensi antara 4-5 kali dalam seminggu.

Jalan cepat merupakan olahraga dengan intensitas yang ringan serta sangat mudah untuk dilakukan, di mana pun dan kapan pun. Bahkan jika Anda mengalami masalah dengan lutut atau kaki Anda, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Lebih baik, memulai olahraga selama 30 menit di minggu pertama lalu ditingkatkan durasi pada minggu selanjutnya. Jangan lupa, untuk selalu konsultasikan rencana olahraga ini dengan dokter Anda.

Kegiatan Senam Aerobik memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tidak hanya untuk kebugaran tubuh, tetapi juga bermanfaat untuk fungsi kognitif dan emosi yang tentunya akan membuat kita lebih produktif. Senam ini menggabungkan irama musik dengan gerakan peserta yang dipimpin oleh seorang instruktur. Olahraga dan aktivitas fisik merupakan salah satu cara untuk menghabiskan waktu luang dengan menyenangkan. Juga dapat membantu mempererat hubungan dengan keluarga dan teman saat melakukannya bersama-sama. Apakah Anda sulit tidur pada malam hari atau kerap terbangun di tengah malam? Olahraga teratur dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat dan nyenyak.

Untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah solusi yang terbaik. Ada dua keuntungan ketika seseorang rutin melakukannya yaitu baik untuk kesehatan mental karena dapat merileksasi dan tentunya juga sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik. Risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan obesitas semuanya dapat dikurangi dengan lebih banyak berjalan kaki. Mengemil makanan berkalori tinggi, seperti keripik dan cokelat, bisa menjadi kebiasaan tidak masuk akal yang menyebabkan penambahan berat badan. Namun dalam sebuah penelitian, oleh University of Exeter, ditemukan bahwa berjalan kaki singkat membantu orang mengatur asupan hingga setengahnya.

Penyumbatan dalam satu arteri koroner atau lebih dapat menimbulkan serangan jantung secara tiba-tiba. Penyebabnya karena jantung meminta oksigen melebihi yang tersedia sehingga memicu serangan jantung. Apabila otot jantung tidak menerima oksigen untuk waktu yang cukup lama, jaringan di sekitarnya dapat rusak.

Meskipun terlihat menyenangkan, ternyata dengan berolahraga sepeda selama menit sehari Anda bisa mengurangi risiko terkena serangan jantung akibat stress dan memperkuat kinerja otot jantung. Pada saat mengayuh sepeda, seluruh otot tubuh turut bekerja, termasuk otot jantung. Melakukan olahraga seperti jalan cepat selama 30 menit dapat membantu memperbaiki kondisi emosional.

Menurut dr Devia Irine Putri dari KlikDokter, latihan intensitas tinggi seperti CrossFit memang tidak disarankan untuk penderita masalah jantung. Sebaiknya orang yang punya masalah pada jantungnya, pilih olahraga yang intensitasnya sedang. Risiko terjadinya penyakit jantung koroner meningkat 2-4 kali pada perokok dibandingkan dengan bukan perokok. Risiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan jumlah rokok yang diisap. Perlu diketahui bahwa risiko kematian berkurang dengan 50 % pada tahun pertama sesudah rokok dihentikan.

Setelahnya tetap dibutuhkan air minum sebanyak 150% dari kehilangan air tubuh selama berolahraga baik berupa keringat atau air tubuh yang tidak disadari , misalnya udara pernapasan. Ketiga, target organ yaitu otot yang bergerak, maka diperlukan pemanasan sebelum memulai olahraga dan ditutup dengan pendinginan. Alat treadmill masa kini umumnya telah dilengkapi dengan alat untuk memonitor detak jantung. Bahkan menghitung berapa banyak kalori yang terbakar, kecepatan lari serta jarak tempuh. Untuk treadmill dengan fitur lengkap dengan pengatur kecepatan, mengukur jarak tempuh, kalori yang terbakar, detak jantung, dan lain sebagainya. Sudut kemiringan juga bisa diatur lebih menanjak sehingga kalori yang dibakar akan lebih banyak.

Comments are closed.